Kesehatan

Selasa, 16 Juni 2020 - 07:59 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ilustrasi Catridge Test Cepat Molekuler (TCM). (Foto: Ist)

Ilustrasi Catridge Test Cepat Molekuler (TCM). (Foto: Ist)

Catridge TCM Swab Sudah Dapat Digunakan

Maumere, floreseditorial.com – Bantuan Kementerian Kesehatan RI berupa catridge untuk Test Cepat Molekuler (TCM) telah tiba di Kabupaten Sikka. Fasilitas tersebut kini sudah dapat digunakan untuk pemeriksaan pasien virus corona. Demikian dikemukakan Juru Bicara Satgas Covid-19, Petrus Herlemus, di Posko Media Centre, Selasa (16/6/2020).

Fasilitas tersebut kata Dia, kini sudah bisa dipergunakan untuk pemeriksaan pasien maupun para pelaku perjalanan. Ia menjelaskan, sebelum fasilitas tersebut digunakan, pihaknya akan menyelenggarakan pelatihan bagi sejumlah petugas yang dipandu langsung oleh Kementerian Kesehatan.

“Fasilitas tersebut sudah ada dan akan segera digunakan. Hanya kita masih perlu lakukan pelatihan oleh Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Disebutkan, sebanyak 20 orang peserta yang akan mengikuti pelatihan yakni para petugas dari Dinas Kesehatan dan dari RSUD T. C. Hillers Maumere serta beberapa petugas lain yang memiliki basis teknik medik laboratorium. Setiap hari ada 5 orang yang bertugas di Laboratorium RSUD T. C. Hillers dan Laboratorium Kantor Dinas Kesehatan.

Para peserta pelatihan akan dipandu secara virtual oleh teknisi Kementerian Kesehatan, dalam melakukan instalasi catridge pemeriksaan CTM swab. Ia menyebutkan, saat ini sebanyak 100 catridge yang dikirim dari Kementerian Kesehatan, sedangkan RSUD T. C. Hillers akan menjadi rumah sakit rujukan covid-19 bagi pasien dari Flores dan Lembata. Namun, untuk saat ini hanya untuk Kabupaten Flores Timur dan Lembata, karena Kabupaten Ende, Manggarai dan Manggarai Barat sudah didistribusikan alat catridge-nya.

Ia juga menjelaskan, pemeriksaan sampel swab melalui CTM hanya membutuhkan waktu 45 menit, lebih cepat dari pemeriksaan swab yang dilakukan selama ini di Laboratorium Biomolekuler W. Z. Johannes Kupang. Pemeriksaan swab melalui CTM sudah bisa gunakan pekan depan.
Pihaknya juga akan terus melakukan tracing bagi warga yang berkontak erat dengan pasien positif covid-19, agar lebih cepat melakukan deteksi untuk pemeriksaan rapid test, sehingga setiap tiga hari dapat dilakukan swab test. (eri)

Artikel ini telah dibaca 295 kali

Baca Lainnya
x