News

Rabu, 10 Juni 2020 - 17:40 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Kapolres Lembata, AKBP Yoce Marten disambut dengan suguhan adat di gerbang masuk Mapolres Lembata, Rabu (10/06). (Foto: Ben Kia Assan)

Kapolres Lembata, AKBP Yoce Marten disambut dengan suguhan adat di gerbang masuk Mapolres Lembata, Rabu (10/06). (Foto: Ben Kia Assan)

Kapolres Yoce Marten Diminta untuk Ta’an Tou

Lewoleba, Floreseditorial.com – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yoce Marten tiba di Lewoleba, Kabupaten Lembata, Rabu pagi (10/06). Mantan Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda NTT ini dipercayakan institusi Polri sebagai Kapolres Lembata, berdasarkan surat telegram (TR) dari Mabes Polri No.ST/1377/V/KEP./2020 pada 1 Mei 2020.

Yoce Marten menggantikan Kapolres Lembata sebelumnya, AKBP Janes Simamora, yang kini dipercayakan menjabat Kasubbagbanhatpid HAM Bagbanhatkum Robankum Divkum Polri di Markas Besar Polri-Jakarta.

Seperti dilansir inews.id, keduanya menjadi bagian dari daftar 271 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di internal Polri, yang dimutasi atau mendapat promosi jabatan dari Kapolri Jenderal Idham Azis, melalui dua surat telegram (TR) yakni TR pertama No.ST/1377/V/KEP./2020, memuat 103 pati dan pamen. Sedangkan TR kedua No.ST/1378/V/KEP./2020, memuat 168 pati dan pamen.

Saat tiba di gerbang Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Lembata, Yoce Marten langsung disambut dengan ritual adat oleh tetua adat Lembata. Ia disuguhi sajian tuak, sirih pinang dan satu gulung tembako koli oleh tua adat. Ia lantas dikalungi selendang oleh salah satu anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lembata, Petrus Gero, yang juga Ketua DPRD Lembata.

Usai penyambutan oleh seluruh anggota polri di Mapolres Lembata, Yoce Marten kemudian bersilahturahmi di ruang kerjanya dengan sejumlah Forkopimda, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Lembata yang datang belakangan. Sebelum silaturahmi, pemimpin di Kabupaten Lembata ini menyambut Kapolres baru, dengan masing-masing mengalungkan sehelai selendang kain tenun khas Lembata.

Dalam jumpa pers usai silaturahmi dengan Forkopimda, Kapolres Yoce Marten mengungkapkan kegembiraannya bisa berada di Lembata. Dirinya juga mengutarakan komitmennya untuk penegakan hukum, termasuk tindak pidana di Kabupaten Lembata.

“Saya gembira ada di sini. Dan saya akan bekerja sama dengan semua jajaran termasuk Forkopimda. Dan pastinya untuk hal-hal yang berkaitan dengan masalah penegakan hukum, tindak pidana, kita akan tindaklanjuti dengan baik dan benar sesuai standar yang ada,” ujar Kapolres Yoce Marten, didampingi Bupati dan Wakil Bupati serta sejumlah anggota Forkopimda Lembata.

Wakil Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday mengharapkan, Kapolres Yoce Marten bisa membangun sinergi dengan semua pihak dalam semangat Ta’an Tou.

“Mari, Ta’an Tou. Bersama-sama. Bersinergi bersama Forkopimda dan seluruh elemen di Lembata, untuk membangun Lembata yang lebih maju lagi,” ungkap Wabup Thomas.

Ta’an Tou adalah sebuah motto dalam bahasa Lamaholot yang dianut oleh sebagian penduduk di Lembata. Ta’an Tou adalah spirit membangun, yang artinya bersatu untuk bekerja sama. Ta’an Tou juga menjadi motto pembangunan di Kabupaten Lembata. (ben)

Artikel ini telah dibaca 504 kali

Baca Lainnya
x