Kesehatan

Senin, 8 Juni 2020 - 17:45 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Bantuan alat swab test untuk RSUD Komodo, Manggarai Barat. (Foto: Ist)

Bantuan alat swab test untuk RSUD Komodo, Manggarai Barat. (Foto: Ist)

RSUD Mabar, Dapat Bantuan Alat Swab Test

Labuan Bajo, floreseditorial.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo, Manggarai Barat mendapat bantuan peralatan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) pemeriksaan swab test virus corona, dari pemerintah pusat. Karena itu, para pelaku perjalanan dari zona merah atau pernah bersentuhan langsung dengan pasien covid-19, diharapkan dapat memeriksakan diri secara dini di rumah sakit itu. Hanya dengan itu, dapat mengetahui secara pasti apakah bebas dari virus corana atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Mabar, Paulus Mami, menyampaikan hal itu kepada wartawan, Senin (08/06/2020) siang. Dia menyampaikan hal itu, agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang ada, guna memastikan kondisi kesehatan terkait covid-19.

Menurutnya, dengan adanya laboratorium swab test, memudahkan pengujian spesimen swab, untuk memastikan terpapar virus corona atau tidak. Apabila terpapar, memudahkan tim medis untuk tangani pasien tersebut secara cepat, tepat dan efektif. Karena itu, pintanya, kepada masyarakat Manggarai Barat yang pernah melakukan perjalanan atau pernah berkontak erat dengan pasien covid-19, segera datang ke RSUD Komodo untuk pemeriksaan medis.

Ia menjelaskan, khusus wilayah NTT, ada empat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang mendapat bantuan perioritas Laboratorium PCR, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. W.Z. Johannes di Kupang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. T.C. Hillers di Maumere, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo di Labuan Bajo dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha di Waingapu, Sumba Timur.

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch Dula membenarkan adanya peralatan laboratorium PCR tersebut. Pihak Dinkes Mabar sedang mengatur segala sarana pendukung terkait peralatan itu.

“Ini kabar baik bagi daerah pariwisata. Ini berkat terselubung bagi kita yang masih berada di zona merah covid-19,” kata Bupati Gusti.

Kecuali itu, Bupati Gusti berpesan, meski peralatan laboratorium PCR sudah ada, sangat diharapkan masyarakat tetap taat terhadap protokol kesehatan. *(klb)

Artikel ini telah dibaca 391 kali

Baca Lainnya
x