News Sosial

Sabtu, 6 Juni 2020 - 09:26 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Yohanes Don Bosco Rega, Anggota DPRD Kabupaten Ende, dari Fraksi Nasdem. (Foto: Ist)

Yohanes Don Bosco Rega, Anggota DPRD Kabupaten Ende, dari Fraksi Nasdem. (Foto: Ist)

Fraksi Nasdem, Nilai Pencairan BLT Lamban

Ende, floreseditorial.com – Fraksi Partai Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ende menilai, proses pencairan Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang dianggarkan dari dana desa, sangat lamban. Pasalnya, hingga kini, baru 10 desa yang telah melakukan pencairan dana BLT. Demikian dikemukakan anggota Fraksi Partai Nasdem, Yohanes Don Bosco Rega di Ende, Sabtu (6/6/2020).

Ia menyebutkan, desa-desa yang sudah mendapatkan BLT antara lain, 4 desa di Kecamatan Nangapanda, 3 desa di Kecamatan Maurole, 2 desa di Kecamatan Ndona Timur dan 1 desa di Kecamatan Ndona. Sedangkan, masih banyak desa belum mendapatkan pembagian BLT. Dengan melihat data-data yang ada tersebut, Ia menilai, proses pembagian BLT di daerah ini sangat lamban.

“Ini menunjukkan fungsi pengendalian dan evaluasi PMD, sama sekali tidak jalan. Karena sampai saat ini, pencairan dana BLT tahap dua, baru sepuluh desa,” tandasnya.

Dijelaskan, dalam konteks kedaruratan akibat dampak covid-19, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ende, mesti bergerak cepat dan tanggap menjalankan tupoksinya sebagai instansi yang diberi tugas, untuk melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap pembagian BLT.

Menurut Dia, sesungguhnya tidak sulit melaksanakan tupoksi terkait pembagian BLT, karena regulasi sudah mengatur tata cara pencairan dan pembagian BLT. Bahkan, dalam regulasi, DPMPD diberi tugas untuk mengevaluasi secara mendalam. Sehingga, secara prosedural ataupun mekanisme, pencairan BLT dapat dipermudah.

Kata Dia, untuk distribusi tahap kedua dan ketiga, BLT ini mestinya lebih mudah dan lancar. Ironisnya, sampai hari ini, baru 10 desa yang melakukan pencairan dana BLT. Sedangkan desa-desa lain belum dicairkan. Untuk itu, Fraksi Nasdem mendorong pemerintah, dalam hal ini Dinas PMD, agar mempercepat proses evaluasi perampungan dokumen, sehingga bisa dilakukan pencairan.

Berdasarkan data, ke sepuluh desa yang telah selesai melakukan pembagian BLT tahap kedua yakni, Desa Nanganesa, Kecamatan Ndona, Desa Nira Nusa, Kecamatan Maurole, Desa Ngalukoja, Kecamatan Maurole, Desa Aewora, Kecamatan Maurole, DesaTanazozo, Kecamatan Nangapanda, Desa Embuzozo, Kecamatan Nangapanda, Desa Kurulimbu, Kecamatan Ndona Timur, Desa Kurulimbu Selatan, Kecamatan Ndona Timur, Desa Timbazia, Kecamatan Nangapanda dan Desa Nanggaroro, Kecamatan Nangapanda. (ral)

Artikel ini telah dibaca 916 kali

Baca Lainnya
x