Kesehatan News

Jumat, 29 Mei 2020 - 10:23 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Sejumlah obat-obatan yang terkena imbas dari kebakaran di Puskesmas Labuan Bajo. (Foto: Alfonsius Andi)

Sejumlah obat-obatan yang terkena imbas dari kebakaran di Puskesmas Labuan Bajo. (Foto: Alfonsius Andi)

Puskesmas Labuan Bajo Terbakar

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Labuan Bajo, kamis, (28/5/2020) sekitar pukul 13.00 WITA terbakar. Kebakaran itu diduga disebabkan oleh cairan H2O2 (hidrogen peroksida) yang disimpan di ruangan tersebut. Cairan H2O2 disinyalir meleleh dan terbakar terkena suhu ruangan yang panas.

“Penyebab pastinya, kami masih telusuri. Memang ada cairan hidrogen peroksida di ruang penyimpanan obat dan bahan habis pakai. Cairan H2O2 memang mudah meleleh jika suhu ruangan panas atau mendapat sinar matahari langsung,” kata Kepala Puskesmas Labuan Bajo, Vinsen Paul, S.Kep kepada floreseditorial.com, Jumat (29/5/2020).

Ia menerangkan, hingga kini penyebab kebakaran yang terjadi di salah satu ruangan penyimpanan obat dan bahan habis pakai tersebut, masih ditelusuri. Ia menuturkan, pada siang hari Kamis kemarin, di area Puskesmas sontak mengepul asap api dari salah sebuah ruangan penyimpanan obat dan bahan habis pakai, namun kobaran api segera dapat dipadamkan oleh petugas.

“Kobaran api tiba-tiba membesar, namun tim gerak cepat Puskesmas dalam waktu singkat berhasil memadamkan api,” ujarnya. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 5 juta, tanpa korban jiwa.

Penulis: Alfonsius Andi
Editor: Robert Perkasa

Artikel ini telah dibaca 1472 kali

Baca Lainnya
x