Kesehatan

Kamis, 28 Mei 2020 - 14:05 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Petugas Medis RSUD Komodo sedang memverifikasi data pasien yang siap diambil sampel Swab. (Foto: Robert Perkasa)

Petugas Medis RSUD Komodo sedang memverifikasi data pasien yang siap diambil sampel Swab. (Foto: Robert Perkasa)

Fantastis, 102 Reaktif Rapid Test Diambil Swab di RSUD Komodo

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Sebanyak 102 pasien reaktif hasil rapid test sebelumnya, menjalani pengambilan sampel swab, Kamis (28/5/2020) oleh petugas medis di RSUD Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Mereka diketahui pernah kontak erat dengan 14 pasien positif covid-19. Sebelumnya mereka telah di-screening di beberapa puskesmas, hasil tracing pelacakan Tim Survailence Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Johan, A.Md,Kep merincikan, 49 dari 102 pasien yang diambil swab berasal dari Kecamatan Lembor, 50 orang dari Kecamatan Komodo, satu pasien dari Kecamatan Mbeliling, satu pasien dari Kecamatan Sano Nggoang dan satu orang PDP yang sedang dirawat intensif di ruangan isolasi RSUD Komodo. Mereka telah menjalani proses screening, tracing, karantina mandiri dan telah di rapid test sebelumnya dengan hasil reaktif atau positif rapid test di sejumlah puskesmas.

“Ini jumlah pasien sangat fantastis. 102 Orang ini merupakan pasien yang pernah kontak erat dengan 14 pasien positif covid-19 klaster Gowa dan Magetan. Sebagian dari mereka juga merupakan pelaku perjalanan yang datang dari daerah zona merah”, terang Yohanes Johan kepada floreseditorial.com di RSUD Komodo, Kamis (28/5/2020).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Johan, A.Md,Kep. (Robert Perkasa)

Ia menambahkan, ada 14 tenaga medis dari Laboratorium RSUD Komodo, dibantu 15 orang dari Dinas Kesehatan mendampingi tenaga lab saat pengambilan swab hari ini, Kamis (28/5/2020).

Terkait ratusan jumlah sampel swab itu, Dinas Kesehatan Mabar, kata Yohanes, membutuhkan logistik antara lain total 204 tabung Virus Transport Media (VTM). Sebab setiap pasien membutuhkan 2 tabung VTM. Sedangkan untuk packing sampel swab memerlukan 2 hingga 5 cool box dengan suhu di bawah 7°C. Setelah diambil sampel swab, selanjutnya kirim ke Labolatorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang pada Sabtu (30/5/2020) untuk pemeriksaan lanjutan.

“Ini wujud keseriusan Pemkab Mabar mempercepat penanganan covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat. Kita berharap hasil pemeriksaan swab 102 pasien ini bisa diketahui secepatnya”, kata Yohanes Johan.

Terpantau floreseditorial.com, Kamis (28/5/2020) siang di RSUD Komodo, tampak sejumlah pasien yang akan diambil swab sedang antri duduk di kursi teras utama RSUD Komodo. Mereka menunggu giliran pengambilan swab oleh petugas medis di RSUD tersebut. Sementara sejumlah tenaga medis siaga lengkap dengan APD.

Data terakhir per Kamis (28/5/2020) yang diperoleh dari Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Mabar, sebelumnya sebanyak 1.003 orang di Kabupaten Mabar telah menjalani rapid test. Ditambah hari ini, maka totalnya menjadi 1.105 orang. Dari jumlah tersebut, total 72 pasien telah diambil sampel swab. Ditambah hari ini 102 pasien menjadi 174 sampel swab.

Dari 72 sampel swab, hasilnya 14 pasien terkonfirmasi positif covid-19. Empat pasien diantaranya dinyatakan sembuh. Dari empat orang itu, pasien 01 dan 02 telah diizinkan pulang ke rumah mereka masing-masing ke Desa Wae Wako dan Desa Siru, Kecamatan Lembor. Dua pasien lainnya masih menjalani pemulihan di tempat yang disediakan Pemkab Mabar. Sedangkan 10 pasien positif covid-19 lainnya masih dirawat intensif di ruangan isolasi RSUD Komodo.

*(Robert Perkasa)

Artikel ini telah dibaca 9152 kali

Baca Lainnya
x