Kesehatan News

Rabu, 27 Mei 2020 - 10:08 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Abdullah Nur, S.Ip, Ketua Bidang Logistik Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat. (Foto: Tim Media Centre Covid-19 Mabar)

Abdullah Nur, S.Ip, Ketua Bidang Logistik Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat. (Foto: Tim Media Centre Covid-19 Mabar)

Tim Covid-19 Pemkab Mabar Perketat Distribusi Bantuan

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Wakil Ketua Sekretariat Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat, Abdullah Nur, S.Ip menegaskan pengawasan distribusi bantuan bagi masyarakat dilakukan secara ketat. Setiap jenis barang donasi dari para donator itu dapat disalurkan apabila ada permohonan dari puskesmas, pemerintah desa dan pemerintah kecamatan. Dengan sistem penyaluran secara ketat, dapat memastikan pendistribusian maupun penyebaran kepada kelompok sasaran.

Abdullah Nur, menjelaskan hal itu saat dihubungi Pos Kupang, Rabu (27/5/2020). Dia diminta keterangan terkait alur logistik covid-19 yang berasal dari para donator. Sebab terhitung sejak Maret 2020 lalu, bantuan dari donator yang masuk ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat cukup banyak.

“Pendistribusian berlangsung secara ketat dengan sistem pengarsipan yang ketat pula. Nama pemohon, jenis barang, satuan barang, kapan dikeluarkan dan tujuan ke mana. Barang sekecil apapun semuanya didata secata detail,” jelas Abdullah Nur.

Untuk memastikan keterangan Ketua Bidang Logistik Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat itu, floreseditorial.com meminta print out jenis logistik yang masuk ke posko tersebut dan sirkulasi pendistribusiannya. Dari data tersebut, terlihat dengan jelas jenis barang, nama penyumbang, satuan barang, tanggal masuk dan tanggal keluar barang dari gudang gugus tugas.

Hingga 21 Mei 2020, sebanyak 24 orang donatur telah diserahkan ke posko gugus tugas covid-19 Kabupaten Mabar. Para donatur itu berasal dari berbagai kalangan seperti pengusaha, baik di Labuan Bajo maupun dari luar Kabupaten Manggarai Barat, instansi pemerintah, bahkan ada juga dari kalangan partai politik.

Adapun jenis logistik covid-19 yang didonasikan, antara lain APD baju hazmad/coverall, alkohol swab, face shield, nurse cup, hand sanitizer, masker kain, body wash, termometer, mantel hujan, handscoon, dll.

Sementara kelompok sasaran distribusi bantuan dari dontur itu, jelas Abdullah Nur, disalurkan ke semua puskesmas di wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Selain itu, telah didistribusikan ke posko kecamatan dan desa di wilayah Mabar. Untuk memastikan bantuan itu, tim posko kabupaten terjun langsung ke kelompok-kelompok sasaran.

“Ada bantuan masker yang kita bagikan secara langsung kepada warga masyarakat yang tidak pakai masker,” katanya.

Secara terpisah, Ketua Bidang Administrasi dan Kesekretariatan Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Dominikus Hawan menyebutkan, selain bantuan barang logistik, ada pula donatur yang menyumbang uang tunai. Sejauh ini sudah Rp 329.990.897,097 yang masuk rekening Gugus Tugas Covid-19 di Bank Mandiri Labuan Bajo.

*(Robert Perkasa)

Artikel ini telah dibaca 9082 kali

Baca Lainnya
x