Kesehatan

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:12 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Pembekalan pasien  klaster Gowa yang akan pulang ke rumah mereka, Rabu (27/5/2020) dari rumah karantina. (Foto: Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Mabar)

Pembekalan pasien klaster Gowa yang akan pulang ke rumah mereka, Rabu (27/5/2020) dari rumah karantina. (Foto: Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Mabar)

Pasien 01 & 02 Diizinkan Pulang

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Dua pasien terkonfirmasi negatif covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab periode ketiga di Labolatorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang sudah diizinkan pulang ke rumah mereka masing-masing.

“Dua pasien dipulangkan itu adalah pasien 01 SS (71) laki, asal Desa Wae Wako, Kecamatan Lembor dan pasien 02 MS (52) laki, asal Desa Siru, Kecamatan Lembor,” jelas Wakil Ketua Tim Media Centre Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat, Florianus Ryan Gampar dalam Siaran Pers yang diterima floreseditorial.com, Selasa (26/5/2020).

Surat dengan No.019/SP/MCCOVID19/MABAR/V/2020 menegaskan, dua pasien dinyatakan sembuh setelah melewati tiga kali pemeriksaan swab dengan hasil yang sama yakni, terkonfirmasi negatif covid-19. Dengan demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat menyatakan dua pasien tersebut dipulangkan ke rumah mereka masing-masing.

Terpisah, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar, Yohanes Johan, A.Md.Kep kepada floreseditorial.com mengatakan, dua pasien yang sudah dinyatakan sembuh akan dipulangkan, Rabu (27/5/2020) besok.

“Rencana pastinya, besok mereka dipulangkan ke rumah mereka masing-masing”, ujar Yohanes Johan singkat.

Tentang kronologi penanganan dua pasien sembuh itu disebutkan, 30 April 2020, kedua pasien tersebut difonis positif covid-19. 30 April setelah menjalani pemeriksaan swab nasofaring di Laboratorium Litbangkes Kemensos RI di Jakarta. Selanjutnya dua pasien tersebut menjalani perawatan intensif di RSUD Komodo, di bawah pantauan Tim Surveilence Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat.

Tanggal 9 Mei 2020, Tim Medis mengambil sampel swab kedua dari pasien tersebut untuk dikirimkan ke Labolatorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Sementara penanganan lanjutan, dua pasien tersebut dievakuasi dari RSUD Komodo ke tempat lain yang disediakan Pemkab Mabar, untuk menghindarkan kemungkinan para pasien terpapar covid-19, mengingat masih ada 10 pasien positif covid-19 sedang dirawat di ruangan isolasi RSUD Komodo.

Pada 14 Mei 2020, untuk ketiga kalinya Tim Medis mengambil sampel swab lalu dikirim ke Labolatorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Hasilnya dua pasien tersebut terkonfirmasi negatif covid-19 dan dinyatakan sembuh.

Meski keduanya diizinkan pulang, tetapi agar pasien tersebut tidak mengalami re-infeksi, maka Tim Medis Dokter RSUD Komodo memutuskan untuk tetap mengambil ulang swab dan dikirimkan sekali lagi ke Labolatorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang.

“Meski sudah diizinkan pulang, dua pasien itu tetap menjalani karantina mandiri selama 14 hari ke depan, sambil menunggu hasil pemeriksaan labolatorium. Tim Surveilence Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat akan tetap memantau dua pasien itu saat menjalankan karantina mandiri,” katanya.

*(Robert Perkasa)

Artikel ini telah dibaca 10633 kali

Baca Lainnya
x