Kesehatan News

Senin, 18 Mei 2020 - 06:22 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Helikopten BNPB Pemkot Mabar. (Foto: Robert Perkasa)

Helikopten BNPB Pemkot Mabar. (Foto: Robert Perkasa)

Helikopter Mabar Angkut Sampel Swab Ke Kupang

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD), Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (17/5/2020) mengangkut 27 sampel swab untuk dikirim ke Laboratorium Biologi Molekuler Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Ke-27 sampel swab tersebut berasal dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Sikka dan Lembata.

Dalam siaran pers yang dilansir oleh media center covid-19 Manggarai Barat No.015/SP/MCCOVID19/MABAR/V/2020, Minggu (17/05/2020) menyebutkan, sebanyak 12 sampel swab pasien yang terkonfirmasi positif covid-19. Sebelumnya sebanyak 13 sampel swab Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kontak erat dengan pasien positif covid-19 klaster Gowa dan sebanyak dua sampel swab OTG klaster Magetan.

“Helikopter ini kita akan gunakan secara maksimal untuk mengirim sampel ke Laboratorium Kupang. Sample swab yang diangkut, bukan hanya dari Mabar tetapi juga dari kabupaten lain,” jelas Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula.

Ia menambahkan, sejak Januari 2020 Helikopter BNPB Pemkab Mabar sudah disiagakan di Bandara Komodo, dan selama pandemi corona digunkan secara maksimal untuk berbagai aktivitas pemantauan dan penyaluran logistik, terutama perlengkapan medis, seperti APD ke berbagai di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Ia mengatakan, sampai sekarang sebanyak 77 sampel swab yang diambil dari warga Mabar, dari berbagai kategori dan klaster serta hasil tracing kontak dengan pasien yang sudah terkonfirmasi positif civid-19.

*(Robert Perkasa)

Artikel ini telah dibaca 852 kali

Baca Lainnya
x