Kesehatan News

Minggu, 17 Mei 2020 - 03:53 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ilustrasi (net)

Ilustrasi (net)

Delapan Sampel Swab Asal Mabar Terkonfirmasi Negatif Covid-19

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Delapan dari 26 sample Swab asal Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) terkonfirmasi negatif covid-19.
berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Swab Nasofaring
di Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang, Kamis, 14 Mei 2020.

Kedelapan pasien terkonfirmasi Negatif Covid-19 merupakan bagian dari 26 sample Swab yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Kab. Manggarai Barat pada tanggal 8 Mei 2020 untuk diperiksa di Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang.

  1. Pasien berinisial HS (34), laki-laki, domisili di Golokoe, Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo.
    Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan negatif covid-19.
  2. Pasien inisial H (73), perempuan, domisili di Watu Lendo, Desa Siru, Kecamatan Lembor. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan negatif covid-19.
  3. Pasien inisial AEM (2 bulan), laki-laki, domisili di Kelurahan Wae Kelambu, Kecamatan Komodo. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19.
  4. Pasien inisial SM (74), perempuan, domisili di Pampa, Desa Wae Wako, Kecamatan Lembor.Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan negatif covid-19.
  5. Pasien inisial YAI (26), perempuan, domisili di Watu Lendo, Desa Siru, Kecamatan Lembor. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan negatif covid-19.
  6. Pasien inisial M (43), laki-laki, domisili di Joneng, Benteng Dewa, Kecamatan Lembor Selatan. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan Negatif Covid-19.
  7. Pasien inisial J (47), perempuan, domisili di Lamtoro, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo.
    Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan negatif covid-19.
  8. Pasien inisial RRF (34), laki-laki, domisili di Wae Nakeng, Desa Poco Rutang, Kecamatan Lembor. Jenis Spesimen NP/OP-2, disimpulkan negatif covid-19.

Selain 8 sample SWAB Negatif tersebut, 12 sample SWAB lainnya telah terkonfirmasi Positif Covid-19 masing-masing pada tanggal 30 April 2020 sebanyak 2 orang dan pada tanggal 13 Mei 2020 sebanyak 9 orang serta 14 Mei 2020 1 orang.

Dengan demikian, masih ada 7 sample SWAB lagi yang masih dalam proses pemeriksaan di Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid -19 yang juga Bupati Manggarai Barat, Drs.Agustinus Ch Dula mengimbau masyarakat di wilayah itu agar tidak perlu khawatir. Sebaliknya ia menegaskan terus berupaya menghentikan penyebaran Covid-19 dengan menggiatkan komunukasi, informasi dan edukasi (KIE) guna mendorong kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

“Tdak perlu khawatir. Gugus tugas covid-19 bekerja semaksimal mungkin agar virus corona ini benar-benar dihentikan penyebarannya. Kami minta dengan sangat agar masyarakat mematuhi seluruh imbauan dan instruksi pemerintah”, tegas Bupati Gusti.

Bupati Gusti juga mengimbau agar tracing (pelacakan) terhadap warga yang pernah kontak erat dengan para pasien yang sudah terkonfirmasi positif covid-19 terus dilakukan secara maksimal.

“Sejauh ini sudah ada 47 orang yang beradasarkan tracing tim kesehatan pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif baru. Jumlahnya akan bertambah hari ini dan kami masih terus melakukan tracing,” jelasnya.*

Penulis: Louis Mindjo
Editor: Robert Perkasa

Artikel ini telah dibaca 9053 kali

Baca Lainnya
x