News

Jumat, 15 Mei 2020 - 16:00 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch Dula. (Foto: Ist)

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch Dula. (Foto: Ist)

Stok Alat Rapid Test Terbatas

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang juga Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch Dula mengatakan, alat pemeriksaan rapid test di RSUD Komodo sangat terbatas, sehingga petugas belum dapat melayani warga yang meminta untuk rapid tes secara pribadi atau sendiri-sendiri. Demikian pula, petugas belum bisa melayani surat keterangan bebas Covid-19 lantaran persediaan stok rapid test sangat terbatas.

“Pertimbangannya untuk menghemat stok rapid test yang sangat kurang agar digunakan secara hemat,” kata Bupati Dula kepada floreseditorial.com, Jumat (15/5/2020). Bupati Dula dimintai keterangannya terkait surat pemberitahuan yang ditandatangi Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo, dr. M. Y. Melinda Gampar. Surat Pemberitahuan yang diterbitkan pada Jumat (15/5/2020) itu ditujukan kepada pengguna layanan RSUD Komodo.

dr. Melinda Gampar dalam suratnya menegaskan bahwa RSUD Komodo belum dapat melayani pemeriksaan rapid test atas permintaan sendiri, termasuk surat keterangan bebas Covid-19 karena keterbatasan alat rapid test. Untuk itu, Bupati Dula menyatakan kemudian, rapid test hanya digunakan untuk warga yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19. Warga masyarakat yang dirapid test antara lain yang tersebar di Desa Siru dan Malawatar di Kecamatan Lembor. Demikian pula alat rapid test digunakan untuk para medis di Labuan Bajo dan Wae Nakeng.

Penulis: Robert Perkasa

Artikel ini telah dibaca 542 kali

Baca Lainnya
x