Kesehatan News

Jumat, 15 Mei 2020 - 08:04 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Puskesmas Werang. (Foto: Robert Perkasa)

Puskesmas Werang. (Foto: Robert Perkasa)

4 Orang Klaster Magetan Jalani Rapid Test di Puskesmas Werang

Floreseditorial.com, Sano Nggoang – Sebanyak empat pelaku perjalanan asal klaster Magetan, Jawa Timur, Jumat (15/5/2020) menjalani rapid test di Puskesmas Werang, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Mereka menjalani rapid test setelah menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari di rumah mereka masing-masing di Desa Matawae, sekitar 30 km dari Werang, Ibukota Kecamatan Sano Nggoang.
Keempat warga dijemput oleh tim gugus tugas Covid-19 Kecamatan Sano Nggoang, sebelumnya tim berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Mereka dijemput dengan mobil ambulance milik puskesmas. Tim gugus tugas didampingi sejumlah petugas medis. Kepala Puskesmas Werang, Anselmus Arce, S.Kep yang dikonfirmasi floreseditorial.com, Kamis (14/5/2020) mengatakan, keempat warga tersebut dijemput di rumah mereka untuk menjalani rapid test di Puskesmas Werang.

“Keempat pelaku perjalanan akan jalani rapid test secara bersama. Kita sudah koordinasi dengan pemerintah desa setempat. Mereka dijemput dengan mobil ambulance milik puskesmas,” ujarnya. Ia juga menjelaskan, satu dari lima pelaku perjalanan klaster Magetan telah menjalani dua kali rapid test sesuai protokol Covid-19. Rapid test pertama dilakukan di Puskesmas Labuan Bajo, Sabtu (2/5/2020) dan rapid test tahap kedua di lakukan di Puskesmas Werang. Pada rapid tes tahap kedua ini menujukkan reaktif negatif

Sementara itu, Ansel juga menyebutkan, jumlah pelaku perjalanan yang tersebar di 15 Desa se-Kecamatan Sano Nggoang, hingga Selasa (12/5/2020) kemarin mencapai 425 orang. Pelaku perjalanan datang dari berbagai wilayah seperti Pulau Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan, Mataram, Lombok dan Bima. “Sebanyak 352 orang di antaranya telah dipantau dan sisanya 73 orang kini sedang dikarantina mandiri,” tambah Ansel.

Penulis: Robert Perkasa

Artikel ini telah dibaca 9051 kali

Baca Lainnya
x