News

Kamis, 14 Mei 2020 - 17:25 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ilustrasi (FEC Media)

Ilustrasi (FEC Media)

Bupati Deno “Tolak” Pasien Rujukan Asal Mabar, Gusti Dula: Perlu Pikirkan Secara Matang

Floreseditorial.com, Ruteng – Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H, “menolak” pasien rujukan asal Kabupaten Manggarai Barat. Sebab Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Ben Mboi Ruteng dan Rumah Sakit Umum St. Rafael Cancar, bukanlah salah satu rumah sakit rujukan penanganan penyakit infeksi emerging tertentu yang direkomendasikan Menteri Kesehatan (Menkes) RI. Karena itu, bagi pasien rujukan dengan status tersebut akan langsung diarahkan ke RSUD Komodo Labuan Bajo.

Penegasan itu disampaikan Bupati Deno melalui surat No.Kesra.400/220/V/2020 yang copiannya diperoleh wartawan di Ruteng, Kamis (14/5/2020). Dalam surat tersebut, Bupati Deno menegaskan merujuk Keputusan Menteri Kesehatan No.HK.101.07/MENKES/169/2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan penanganan penyakit infeksi emerging tertentu, tanggal 10 Maret 2020 menetapkan tiga rumah sakit rujukan. Rumah sakit rujukan yang dimaksudkan, tulis Bupati Deno, yaitu RSUD Komodo Labuan Bajo, RSUD Prof. Dr. W Z Johannes Kupang dan RSUD dr. T.C. Hillers Maumere. Karena itu, pemerintah daerah Kabupaten Manggarai tidak bersedia menerima pasien rujukan asal Manggarai Barat untuk dirujuk ke RSUD dr Ben Mboi Ruteng dan Rumah Sakit Umum St. Rafael Cancar.

“Mencermati perkembangan pasien asal Kabupaten Manggarai Barat yang diarahkan ke RSUD dr Ben Mboi Ruteng dan Rumah Sakit Umum St. Rafael Cancar, maka pasien rujukan langsung ke RSUD Komodo Labuan Bajo,” demikian salah satu butir isi surat Bupati Deno.

Sedangkan bagi pelaku perjalanan dari Manggarai Barat menuju Kabupaten Manggarai, Bupati Deno menetapkan beberapa persyaratan. Antara lain, surat keterangan kesehatan dari dokter, surat keterangan hasil rapid test, surat rekomendasi perjalanan dari gugus tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat, dan menunjukkan identitas diri seperti KTP atau SIM.

Perlu Dipikirkan Secara Matang

Terhadap surat Bupati Manggarai, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula, menanggapi secara positif. Namun perlu hati-hati dan dipikirkan secara matang. Sebab kata Bupati Dula, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD Komodo Labuan Bajo membludak. Pada saat yang sama juga, jelas Bupati Dula, pasien dalam pengawasan asal Manggarai yang dirujuk ke RSUD Komodo Labuan Bajo juga banyak.

Demikian pun pasien umum asal Manggarai Barat, seperti operasi melahirkan harus dirujuk ke RSUD Ruteng atau Rumah Sakit Siloam. Jika persyaratan pelaku perjalanan berlaku juga bagi pasien umum yang dirujuk ke Ruteng, ini juga perlu hati-hati. “Harus dipikirkan juga pasien dari Manggarai Timur yang dirujuk ke Ruteng. Ketika mereka berstatus PDP dirujuk ke Labuan Bajo. Meninggal di Labuah Bajo dan dikuburkan di Labuan Bajo,” kata Bupati Gusti Dula mengingatkan.

Penulis: Adrian Juru
Editor: Robert Perkasa

Artikel ini telah dibaca 11301 kali

Baca Lainnya
x