News

Kamis, 30 April 2020 - 14:48 WIB

1 tahun yang lalu

logo

AMAN Nusa Bunga Bagi Masker Kepada Masyarakat Adat di Sejumlah Desa (Foto:Rian Laka)

AMAN Nusa Bunga Bagi Masker Kepada Masyarakat Adat di Sejumlah Desa (Foto:Rian Laka)

AMAN Nusa Bunga Bagi Masker Kepada Masyarakat Adat di Sejumlah Desa

Floreseditorial.com, Ende-Relawan Darurat Covid 19 Aliansi Masyarakat Adat (AMAN) Nusantara wilayah Nusa Bunga membagi 700 lembar masker bagi masyarakat adat di Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Rabu (29/4/2020). Selain masker, Aman juga mengedukasi masyarakat adat agar selalu waspada terhadap bahaya covid 19.

Ketua AMAN Nusa Bunga Philipus Kami, disela-sela kegiatan kepada media ini mengatakan, kegiatan pembagian masker kepada komunitas atau masyarakat desa ini merupakan bentuk peduli kemanusiaan terhadap masyarakat yang terkena dampak penyebaran Virus Corona yang hingga saat ini masih mewabah di Indonesia.

“Masyarakat adat harus disiapkan terhadap bahaya penyebaran Virus Corona yang sangat berbahaya dan sudah memakan korban yang demikian banyak ini,” kata Philipus.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selain pembagian masker kepada masyarakat, pihaknya bersama relawan Darurat Covid-19 AMAN Nusa Bunga melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya COVID – 19 agar masyarakat dengan sungguh – sungguh mempersiapkan diri, keluarga dan seluruh komunitas setempat untuk dapat memulai dengan gaya hidup sehat sesuai protokoler kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Edukasi tentang protokoler kesehatan kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan selalu menggunakan masker merupakan hal yang sangat penting dalam mencegah penyebaran Covid-19,”. Imbuhnya.

Sementara itu, mosalaki Saga Aloysius Rasi saat menerima bantuan masker yang diberikan untuk komunitas adatnya menuturkan pihaknya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada AMAN yang telah berupaya untuk memberikan bantuan masker kepada masyarakat karena hingga saat ini masyarakat adat Saga belum menerima bantuan apa pun sejak mewabahnya Covid-19 di Indonesia.

“Kita berterima kasih atas pemberian masker ini dan kita akan bagikan kepada masyarakat adat yang ada disini. Kita akan coba bagikan setiap keluarga dapat satu dan jika masih kurang maka kita akan menambahkan kekurangan tersebut dengan persediaan yang telah disediakan pemerintah desa,” tutur Aloysius Rasi

Senada disampaikan Philipus Loba, Kepala Desa Wolofeo yang mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Desa Sipijena secara bersama – sama melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di kedua wilayah administrasi desa tersebut karena kedua desa tersebut memiliki satu komunitas adat yang sama.

“Kami berterimakasih kepada AMAN yang telah memberikan masker kepada masyarakat adat yang ada disini. Kami kedua pemerintah desa hanya memfasilitasi bantuan tersebut namun yang berhak menerima bantuan ini adalah para mosalaki yang memiliki komunitas adat disini,” pungkasnya

Laporan : Rian Laka
Editor: Adrian Paju

Artikel ini telah dibaca 338 kali

Baca Lainnya
x