Nasional

Minggu, 26 April 2020 - 06:23 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Bupati Manggarai Barat Drs.Agustinus Ch Dula meninjau lokasi pembangunan trotoar premium di Puncak Waringin Labuan Bajo (Foto: Louis).

Bupati Manggarai Barat Drs.Agustinus Ch Dula meninjau lokasi pembangunan trotoar premium di Puncak Waringin Labuan Bajo (Foto: Louis).

Proyek Infrastruktur Premium Senilai 1,31 Triliun di Labuan Bajo Mulai dikerjakan

FloresEditorial.com-Labuan Bajo-  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang, Ditjen Bina Marga, menyiapkan dana Rp 1,31 Triliun untuk pembangunan infrastruktur pada lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas di Labuan Bajo.

Bupati Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch. Dula menjelaskan pembangunan infrastruktur untuk KSPN Labuan Bajo meliputi bidang sumber daya air, pembangunan Bidang Jalan, jembatan, bidang Pemukiman dan bidang perumahan.

“Pembangunan Infrastruktur untuk KSPN Labuan Bajo pada tahun 2020 sangat besar. Pembangunan tersebut meliputi bidang Jalan, jembatan, Air, pemukiman dan bidang perumahan. Dan saat ini saya bersama Kepala Satker, Pak Yanuar dari Balai Jalan Nasional X meninjau lokasi yang nanti akan dibangunkan infrastrukturnya,” jelas Bupati
Gusti Dula kepada FloresEditorial.com melalui WhatsApp, usai meninjau lokasi pembangunan infrastruktur KSPN di Labuan Bajo, Sabtu (25/04)..

Selanjutnya pria yang 15 tahun menjadi pemimpin di Manggarai Barat-NTT itu secara rinci menjelaskan pembagunan Infrastruktur di KSPN Labuan Bajo.

Demikian Ia menjelaskan, untuk dukungan konektivitas pada KSPN Labuan Bajo, Kementerian PUPR RI melalui BPJN X Kupang, Ditjen Bina Marga telah memulainya dengan penandatanganan lima paket pekerjaan.

“Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, telah memulai dengan penandatangana 5 paket pekerjaan,” katanya.

Kelima paket tersebut jelas Bupati Gusti Dula, empat paket Peningkatan Jalan dan Penataan Trotoar serta Drainase di KSPN Premium Labuan Bajo di Jalan Soekarno-Hatta Atas sepanjang 9,97 kilometer dengan anggaran Rp 55,8 miliar.

Jalan Soekarno-Hatta Bawah sepanjang 10,05 Km dengan anggaran Rp 41,6 miliar, Jalan Simpang Pede sepanjang 20,03 Km dengan anggaran sebesar Rp 84 miliar, Jalan Yohanes Sahadun sepanjang 20,23 Km dengan anggaran Rp 46,7 miliar, serta satu paket Peningkatan Jalan Kawasan Pariwisata Wae Cicu sepanjang 4 kilometer, dengan anggaran Rp 21,7 miliar.

Dengan demikian jelas adik kandung mantan Bupati Manggarai, Frans Dula Burhan ini, pembangunan infrastruktur dengan anggaran yang sangat besar ini secara perlahan dapat mengimbangi Pariwisata di Labuan Bajo yang naik ke level Premium.

“Saya pikir pembangunan infrastruktur dengan nilai triliun ini dapat mengimbangi pariwisata premium di Labuan Bajo. Karena itu kepada investor tetap welcome ke Manggarai Barat,” ajaknya.

Ia berharap, semua paket pekerjaan dikerjakan pada tahun ini, sambil berdoa dan berharap agar wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) segera beralalu.

“Saya berharap semua paket pekerjaan KSPN bisa dikerjakan pada tahun ini, walau wabah COvid-19 masih melanda bangsa kita. Mari kita sama-sama berdoa, agar wabah ini segera berlalu dan aktivitas pembangunan dalam mendukung sector pariwisata di Manggarai Barat normal Kembali,” harap Bupati Gusti.(Louis)*

.

Artikel ini telah dibaca 1322 kali

Baca Lainnya
x