News

Senin, 6 April 2020 - 09:21 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Muhammad Achyar (Ist)

Muhammad Achyar (Ist)

Pulang Kampung Di Tengah Badai Covid-19, Achyar: Jika Mereka Tak Pulang, Di Rantauan Mereka Makan Apa?

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – “Tidak ada pilihan lain bagi Saudara, Ase Kae kita yang hendak pulang kampung, sebab itulah pilihan terbaik. Bagaimana pun sengsara di negeri sendiri lebih baik sengsara di negeri rantauan,”

Demikian disampaikan Muhammad Acyhar, salah seorang tokoh pemuda di kabupaten Manggarai Barat saat meneropong banyaknya para perantau asal Flores yang harus pulang kampung di tengah badai Covid-19 yang tengah melanda tanah air.

Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) wilayah Manggarai Raya itu menjelaskan bahwa sesungguhnya masyarakat Flores yang saat ini tengah berada di perantauan sudah tidak punya pilihan lain selain harus pulang kampung.

“Karena banyak diantara mereka yang kehilangan pekerjaannya karena perusahaannya ditutup dan lainnya sehingga mereka tak bisa terus bertahan di tanah Rantauan,” kata Acyhar dengan suara yang agak Sendu saat dihubungi media ini melalui sambungan telepon, Senin (06/04/2020).

Terkait hal ini, Achyar mendorong agar pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Barat sebagai pintu masuk wilayah Flores bagian barat untuk melakukan pengawasan secara ketat dan tidak menolak kedatangan mereka.

“Sekarang kita tinggal memohon dan mendorong kepada pemerintah dan aparat terkait menerima kedatangan Ase Kae itu dengan pengawasan ketat, menjalankan semua protokol baik dari daerah asal keberangkatan maupun di daerah tujuan guna memastikan mereka yang datang benar-benar steril dan tidak membawa masalah baru bagi Saudara di kampung,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pengontrolan secara ketat akan mengurangi potensi masuknya wabah tersebut.

“Jika ditemukan adanya warga yang sudah memiliki tanda – tanda terjangkit virus ini, Pemerintah diminta untuk segera melakukan penanganan sesuai ketentuan dan SOP penanganan Covid-19,” tuturnya.

Pada bagian akhir wawancara, Achyar berpesan kepada setiap perantau asal Flores untuk tetap bertahan jika masih bisa bertahan di daerah perantauan.

“Tapi jika tidak, pulanglah, tapi pastikan kalian harus mengisolasi diri secara mandiri saat sudah tiba di kampung halaman,” tutupnya.

Diketahui, selama pandemi Covid-19 ini menghantam tanah air, Muhammad Achyar diketahui giat memberikan bantuan kepada warga di Flores khususnya di wilayah kabupaten Manggarai Barat.

Bantuan tersebut langsung ia salurkan melalui rekening penerima bantuan yang sudah menghubunginya melalui media sosial seperti Facebook maupun WhatsApp.

Gerakan ini ia lakukan dengan tujuan untuk mendorong setiap orang yang memiliki kelebihan rezeki untuk membantu sesama warga yang mengalami kesusahan secara ekonomi ditengah terpaan virus Covid-19.

Laporan: Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 1343 kali

Baca Lainnya
x