Bisnis

Minggu, 5 April 2020 - 05:56 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ir.JarotTrisunu MM, Ketua Ikatan UMKM (IKUBI) Indonesia (Ist)

Ir.JarotTrisunu MM, Ketua Ikatan UMKM (IKUBI) Indonesia (Ist)

IKUBI Indonesia Minta UMKM Lokal Taati Instruksi Pemerintah

Floreseditorial.com, Labuan Bajo – Ketua Komunitas Usaha Kecil Menengah IKUBI Indonesia, Jarot Trisunu, Imbau, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tergabung pada Komunitas IKUBI Indonesia, untuk selalu menggunakan masker dalam rangka mencegah penularan virus corona (Covid-19),Minggu, (5/04).

Dikatakan Jarot bahwa, peningkatan kasus Covid-19 di DKI Jakarta misalnya, memerlukan langkah bersama dengan hati yang tulus dan kesadaran penuh untuk mengurangi potensi penularan ke daerah-daerah lain. Hal tersebut menjadi perlu, dikarenakan masih banyak aktifitas barang dan orang yang masih bergantung pada Jakarta.

Langkah ini menurut dia, harus tetap diperhatikan secara baik. Menurutnya, ada delapan langkah penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha dan juga masyarakat yakni; Pertama, selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa kecuali.

Kedua, menggunakan masker jenis kain minimal tiga lapis yang dapat dicuci. Selanjutnya secara rutin mencuci masker kain yang digunakan dan harus dikerjakan setiap hari.

Ketiga, tidak membeli atau menggunakan masker medis serta menyadari bahwa masker tersebut diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

Keempat, dalam seruan tersebut disampaikan bahwa masyarakat dapat membeli atau membuat sendiri masker kain dua lapis sesuai kebutuhan masing-masing.

Kelima, tetap mengutamakan berada di rumah, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan dengan sabun dan melaksanakan etika batuk dan bersin secara benar.

Keenam, bagi anggota UMKM IKUBI yang ingin membantu sesama anggota maka disarankan mengadakan atau memproduksi serta membagikan masker kain. Guna untuk meningkatkan solidaritas dan persaudaraan antar sesama UMKM

Ketujuh, membuat gerakan untuk membantu anggota UMKM IKUBI yang bekerja disektor informal dan bekerja harian diluar rumah dengan berpartisipasi secara mandiri, baik berupa makanan ataupun pekerjaan, uang secara ikhlas dengan caranya yang dan tetap menjaga social distancing.

Kedelapan, Dimohon jangan menjual APD atau Alat Pelindung Diri seperti masker dan sejenisnya secara komersial dengan harga tinggi, karena saat ini hal tersebut sangat dibutuhkan oleh tenaga medis dan orang orang yg memerlukan seperti Rumah sakit dalam merawat pasien yang terpapar Covid19.

Dia juga berharap agar dengan kekuatan bersama seluruh masyarakat Indonesia akan semakin kuat melawan Covid-19 ini.

“Dengan mentaati anjuran pemerintah dibarengi kekuatan secara bersama, maka kita akan semakin kuat untuk melawan COVID19. Dan dalam doa yang kita panjatkan bersama kepada Allah SWT, tentunya, kita selalu diberikan berkah,,anugerah, kesehatan dan kesembuhan”, tutup Jarot.

Laporan: Louis Mindjo

Artikel ini telah dibaca 753 kali

Baca Lainnya
x