News

Jumat, 27 Maret 2020 - 12:29 WIB

1 tahun yang lalu

logo

RSDU Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

RSDU Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

RSUD Ende Cuma Punya 11 APD

Floreseditorial.com, Ende – Di tengah ganasnya Virus Covid-19 melanda Indonesia, berbagai kesiapan – kesiapan terus dilakukan dan diupayakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ende untuk melawan Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan China itu.

Dari sekian banyaknya persiapan yang dilakukan, salah satunya adalah minimnya Alat Pelindung Diri atau APD yang hingga kini masih sangat terbatas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende.

Demikian dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas, dr. Muna Fatma selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende saat menggelar konferensi pers di Kantor Bupati Ende. Pada, jumat (27/3/20).

Ia mengatakan, berkaitan dengan kesiapan Alat Pelindung Diri atau APD, RSUD Ende sudah menerima 10 set/unit yang diberikan dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, Kata Muna Fatma, RSUD Ende sudah punya 2 set APD, tetapi kemarin, namun satu APD sudah digunakan untuk menangani pasien Orang Dalam Pantauan di RSUD Ende. Maka kini tersisa 1 APD.

“Jadi posisi sekarang APD sebelumnya dari 2 sisa 1 ditambah 10 APD yang diberikan oleh Pemprov, jadi posisi APD kita sekarang hanya 11 APD yang ada di RSUD Ende”. Ucap Muna Fatma

Ia menerangkan, mengingat persediaan APD yang sangat minim, maka ia berharap, agar kedepan Kabupaten Ende tidak ditemukan adanya ODP ataupun PDP yang positif covid-19.

Sehingga, Alat Pelindung Diri atau APD yang ada saat ini, nantinya bisa kita pakai untuk memback up apabila ditemukan yang positif.

“Tadi kami sudah melakukan pertemuan non formal dengan Bupati Ende, guna membahas terkait kelangkaan APD di RSUD Ende”, turur muna fatma

Maka untuk melengkapi APD di RSUD Ende, pihaknya harus memikirkan anggaran biaya untuk melengkapi dan mengisi kelangkaan APD di RSUD Ende.

“Ya sembari menanti pesanan perlengkapan APD dikirim dari distributor. Kiranya tidak ada ODP maupun PDP yang positif. Sehingga, dari 11 APD nantinya bisa kita gunakan untuk memback up”, tutup Muna Fatma

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 10829 kali

Baca Lainnya
x