News

Kamis, 26 Maret 2020 - 09:05 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Proses Screening terhadap warga yang masuk ke Kabupaten Manggarai (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Proses Screening terhadap warga yang masuk ke Kabupaten Manggarai (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Pemkab Manggarai Perketat Pengawasan Pintu Masuk Kota Ruteng

Floreseditorial.com, Ruteng – Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai terus berupaya mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di daerah ini. Salah satu bentuk antisipasi tersebut adalah melakukan screening terhadap warga yang masuk ke Kabupaten Manggarai.

Terlihat pada hari ini petugas kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang dan pengemudi kendaraan travel dan angkutan umum yang datang dari Labuan Bajo Manggarai Barat, Kamis (26/3/2020).

Hal ini dilakukan untuk mendeteksi bagi para penumpang yang datang dari luar Mangarai melalui jalur laut dan udara lewat Labuan Bajo sebagai pintu masuknya.

Pemudik merupakan salah satu yang diperhatikan khusus oleh pemerintah daerah kabupaten Manggarai dalam upaya pencegahan dan penanganan Corona virus (Covid 19) terutama bagi para pemudik yang datang dari kota yang sudah terpapar virus Disease (Covid 19).

Sejak pagi, seluruh tim lintas sektor dari Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 ini saling berkoordinasi untuk memastikan bahwa kegiatan screening dapat dijalankan sesuai protokol kesehatan.

Seluruh tim lintas sektor dari Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 ini saling berkoordinasi untuk memastikan bahwa kegiatan screening dapat dijalankan sesuai protokol kesehatan.

Kepala dinas pariwisata Kabupaten Manggarai Anglus Angkat juga Ikut serta dalam kegiatan ini. Anglus sendiri masuk dalam Tim Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid 19 sebagai ketua bidang pengawas kedatangan orang.

Hal serupa dilakukan oleh Dinas kesehatan kabupaten Manggarai untuk memastikan semua pemudik harus di cek terlebih dahulu kondisi kesehatannya.

Tim medis dari Dinkes sendiri selalu bersiaga di dua terminal sebagai pintu masuk kota Ruteng yaitu terminal Mena dan terminal Carep. Hal ini disampaikan langsung oleh Kadis kesehatan kabupaten Manggarai dr. Yulianus Weng.

“Tadi pagi di Terminal Carep, setelahnya konsentrasi di (Terminal) Mena karena ada banyak pelaku perjalanan yang baru tiba di Labuan Bajo dari beberapa daerah luar. Sebagian dari mereka adalah warga Manggarai dan karena itu kita lakukan pemeriksaan,” ujar Yulianus, Kamis (26/3/2020).

Selanjutnya, Bupati Manggarai menjelaskan tentang pentingnya isolasi mandiri selama 14 hari. Selain untuk memastikan bahwa tidak ada yang terpapar Covid-19, juga untuk mengindari kemungkinan penyebarannya pada orang lain.

Laporan: Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 9138 kali

Baca Lainnya
x