Kesehatan News

Jumat, 20 Maret 2020 - 06:17 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Sosialisasi pencegahan dan cara sederhana penanggulangan wabah Covid-19 oleh TB Pelangi di sejumlah sekolah di kabupaten Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

Sosialisasi pencegahan dan cara sederhana penanggulangan wabah Covid-19 oleh TB Pelangi di sejumlah sekolah di kabupaten Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

TB Pelangi Indonesia Timur Berikan Edukasi Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Ende

Floreseditorial.com, Ende – Ditengah merebaknya virus korona atau Covid-19 yang telah menjadi wabah pandemik dunia, termasuk Indonesia, kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang cara-cara pencegahan virus corona ini sangat penting.

Hal inilah yang mendorong Taman Bacaan Pelangi (TP) salah satu yayasan pendidikan yang bergerak di bidang literasi berinisiatif menyebarkan ratusan poster untuk mengedukasi ribuan anak-anak di kabupaten Ende, Flores-NTT tentang virus Korona dan pencegahannya.

Hal ini disampaikan Nila Tanzil, Pendiri Taman Bacaan (TB) Pelangi Wilayah Indonesia Timur pada media ini, Jumad (20/3/20)

Dikatakannya, poster edukasi yang dibuat oleh Taman Bacaan Pelangi ini telah disebarkan ke sekolah-sekolah dasar dan ditempelkan di masing-masing kelas. Poster didesain menarik dan kreatif dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.

Dengan inisiatif ini, Kata dia, ribuan anak-anak sekolah di Ende bisa memperoleh informasi penting tentang virus korona dan cara sederhana mencegahnya. Taman Bacaan Pelangi juga melakukan hal serupa di daerah-daerah dimana TB Pelangi beroperasi, seperti di Sumba dan Papua.

Pendiri Taman Bacaan Pelangi Nila Tanzil mengatakan, kegiatan tersebut adalah inisiatif dari Taman Bacaan Pelangi untuk membantu mengurangi dan memperlambat penyebaran virus corona di daerah-daerah pelosok.

“Kami melihat anak-anak juga perlu diberikan edukasi tentang cara-cara sederhana untuk mencegah virus corona. Jika anak-anak paham, mereka akan meneruskan informasi ini ke orangtua, kakek dan nenek mereka di rumah. Anak-anak dapat menjadi duta pencegah virus corona di masyarakat pedesaan,” imbuhnya.

Kata dia, semua poster telah ditempelkan di kelas-kelas dan para guru langsung memberikan penjelasan ke siswa-siswi mereka tentang virus korona.

“Kami harus bergerak cepat, karena sekolah diliburkan,” tandasnya.

Kepala SD Bhoanawa 2 kabupaten Ende Umar Kobe menyampaikan apresiasi kepada TB pelangi atas inisiatif gerakan sosial cegah korona.

“Sungguh inisiatif yang luar biasa dari Taman Bacaan Pelangi. Pesan yang disampaikan sangat penting, karena kami mengingikan siswa-siswi kami dan keluarga mereka tetap sehat di tengah wabah virus korona ini”, kayanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Maltidis Mensi Tiwe mengatakan pemerintah kabupaten Ende tentu sangat berterimakasih atas gerakan sosial yang dilakukan yayasan Taman Baca Pelangi.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif ini. Edukasi dan Poster-poster ini akhirnya menjadi medium dan alat bantu bagi para guru untuk menjelaskan tentang virus corona dan pencegahannya”, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende.

Tentang Taman Bacaan Pelangi

Taman Bacaan Pelangi adalah yayasan sosial yang bergerak di bidang pendidikan yang fokus di bidang literasi dengan tujuan untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak di daerah pelosok di Indonesia Timur.

Didirikan pada 2009, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 131 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 18 pulau di Indonesia Timur dan memberikan pelatihan kepada lebih dari 1.000 guru di Indonesai Timur.

Tujuan Taman Bacaan Pelangi adalah untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak dan menyediakan akses buku bacaan yang berkualitas untuk anak-anak di daerah pelosok di Indonesia bagian Timur.

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 9057 kali

Baca Lainnya
x