Nasional

Senin, 16 Maret 2020 - 07:06 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Conpers  Aman Nusantara di Wisma Emaus, Kabupaten Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

Conpers Aman Nusantara di Wisma Emaus, Kabupaten Ende (Foto: TeamYPF/Rian Kaka)

Corona Mewabah Rakernas AMAN Nusantara di Ende Ditunda

Floreseditorial.com, Ende – Akibat wabah Virus Corona (Covid-19) menerjang wilayah Indonesia, Rapat Kerja Nasional Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN) Nusantara di Kabupaten Ende diputuskan ditunda hingga jadwal yang belum ditentukan.

Hal ini disampaikan Eustobio Rero Renggi selaku Ketua Panitia Hari Kebangkitan Nasional Aman Nusantara (HKMAN) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Aman Nasional di Wisma Emaus, Kabupaten Ende. Pada, senin (16/3/20).

Ia menerangkan, ditundanya kegiatan Rakernas Aman Nusantara di Kabupaten Ende dikarenakan telah terjadi bencana kemanusiaan yang saat ini sedang melanda Indonesia.

“Sesuai jadwal, Kata Eustobio, harusnya malam ini Rakernas Aman Nusantara sudah mulai dilaksanakan di Universitas Flores. Namun karena alasan Kemanusiaan seluruh rangkaian kegiatan Rakernas dibatalkan,” terangnya.

Berdasarkan mekanisme internal Aman Nusantara, melihat kondisi saat ini ditengah peristiwa dunia bahwa Virus Corona Covid -19 telah menerjang hampir di seluruh negara-negara di dunia.

Maka hasil kesepakatan bersama antara Sekjen Aman dengan Dewan Aman Nasional Pusat, bersepakat untuk menunda kegiatan Rakernas Aman Nusantara di Kabupaten Ende.

Pada kesempatan itu secara terbuka Eustobio menyampaikan permohonan maaf se-tinggi – tingginya kepada Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Ende atas penundaan kegiatan Rakernas Aman Nusantara di Ende.

“Kami tidak bisa melanjutkan kegiatan Rakernas ini, karena wabah virus corona sedang ganas menerjang Negara kita,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, Peserta Aman se indonensia dari Sabang sampi Marauke, batal datang mengikuti kegiatan Rakernas Aman Nusantara di kota pancasila, Kabupaten Ende.

Eustobio berharap, kiranya bencana kemanusiaan dunia khususnya Indoensia, terkait Wabah Virus Corona Covid – 19, bisa segera berakhir.

Senada dikatakan pula oleh, Ketua Aman Nusa Bunga Ende Plhilipus Kami, yang menuturkan bahwa karena alasan kemanusiaan terhadap masuknya wabah virus corona di Negara Indoensia, Maka penyelenggaraan kegiatan Rakernas Aman Nusantara ditunda.

Lanjut Philipus, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah aktif berpartisipasi guna menyukseskan kegiatan Rakernas ini di Kabupaten Ende.

“Namun dengan berat hati, karena terkendala masalah Kemanusiaan di Indonesia, untuk itu kegiatan Rakernas kita tunda,” tutupnya.

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 1653 kali

Baca Lainnya
x