News

Rabu, 11 Maret 2020 - 04:37 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Pulau Koa (Foto: TeamYPF/Rian Lala)

Pulau Koa (Foto: TeamYPF/Rian Lala)

Kabandara HJ. Hasan Aroebusman Ende Usulkan Pulau Koa Dipangkas

Floreseditorial.com, Ende – Kepala Bandar Udara (Kabandara) HJ Hasan Aroebusman Ende, Muhammad Auriyadin Saleh mengusulkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ende untuk memangkas Pulau Koa.

Kata dia, alasan pemangkasan pulau Koa dikarenakan oleh, keberadaan pulau tersebut akan berpengaruh pada lintasan pendaratan pesawat.

“Maka kita sangat membutuhkan dukungan Pemda Ende,” kata Kepala Bandara HJ. Hasan Aroebusman Ende kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu, (11/3/20).

“Kemarin kami sudah mengusulkan ke Dirjen Perhubungan Udara RI. Namun tidak diindahkan karena, Pulau Koa itu berada di luar area lokasi bandara”, tuturnya.

Ia menambahkan, karena bukan berada dilokasi area bandara, maka kewenangannya ada pada Pemerintah Daerah Kabupaten Ende.

Ia berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Ende sehingga bisa mengusulkan melalui APBD 2020 dan menganggarkan di tahun 2021, sehingga Pulau Koa bisa segera dipangkas.

“Ya, kalau di Tahun 2021, Pemerintah sudah mulai mengangarkan, maka kami pun akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat yakni Dirjen Perhubungan Udara RI agar bisa memperhatikan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Keberadan pulau Koa yang berada di sisi bagian kiri bandara dan jaraknya hanya sekitar 500 meter dari bibir bandara HJ Hasan Aroebusman Ende ini membuat pesawat terbang harus mendarat dengan tukikan yang cukup tajam.

Pengelola bandara berharap jika Pulau tersebut dipangkas, pendaratan pesawat di HJ Hasan Aroebusman Ende bisa lebih baik.

Laporan : Rian Laka

Artikel ini telah dibaca 1951 kali

Baca Lainnya
x