Gaya Hidup

Rabu, 4 Maret 2020 - 16:43 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Malam Grand Final Duta GenRe 2020 kabupaten Manggarai Timur (Foto:Theovilus)

Malam Grand Final Duta GenRe 2020 kabupaten Manggarai Timur (Foto:Theovilus)

Siswa SMAN 1 Dan SMAN 2 Poco Ranaka Terpilih Jadi Duta GenRe 2020 Kabupaten Manggarai Timur

Floreseditorial.com, Borong – Dinas Pengendalian Penduduk, Kelurga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melaksanakan pemilihan 30 Duta Generasi Berencana (GenRe) untuk wakili Matim menuju ajang pemilihan duta GenRe tingkat Provinsi NTT yang dijadwalkan akan digelar pada bulan Mei Mendatang.

Pemilihan Duta GenRe tingkat Kabupaten Mangggarai Timur ini bertujuan untuk memilih 2 remaja putra dan putri terbaik di kabupaten Manggarai Timur menuju Duta Genre NTT.

Ajang bergengsi yang baru pertama kali digelar di kabupaten Manggarai Timur itu digelar di aula lantai dua Kantor Koperasi Abdi Kabupaten Manggarai Timur, Rabu (04/03/2020).

Selain dihadiri oleh Sekda Manggarai Timur, acara yang didukung oleh Yayasan Mariamoe Peduli, Yayasan Ayo Indonesia, KSP Kopdit AMT, BRI, Bank NTT, Kopdit Sangosai, BNI, Flores Almond Milk dan Garam Garena ini turut dihadiri oleh sejumlah pimpinan DPRD, OPD hingga para pendukung dari masing – masing finalis.

Kepala Dinas P2KBP3A kabupaten Manggarai Timur Alexsander Kantar melalui kepala bidang K3 P2KBP3A Jefrin Haryanto kepada wartawan menjelaskan bahwa pemilihan Duta GenRe ini dilaksanakan mulai dari tahapan seleksi pada tingkat sekolah masing-masing di 9 kecematan yang tersebar di Manggarai Timur.

“Sedangkan, Pemilihan Duta Genre ditingkat kabupaten lakasanakan dari tanggal 03-04 Maret 2020,” kata Jefrin.

Pemilihan Duta Genre BKKBN Matim, kata Jefrin, bertujuan untuk mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe), Program GenRe ini merupakan program yang dikembangkan dalam rangka persiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui berbagai pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan.

“Pendewasaan yang dimaksud berupa pembelajaran agar generasi muda mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,” kata Jefrin.

Persaingan yang ketat saat pemilihan duta GenRe ini membuat Juri harus berpikir keras memutuskan siapa yang layak menjadi Duta.

Juri dalam memilih Duta Genre Matim, Kristina Yulia Kurniati mengaku mengalami kesulitan untuk menentukan finalis dari enam besar grand finalis menuju finalis.

“Karena keenamnya memiliki daya pikir kritis, perfomans yang sama untuk bersaing menjadi pemenang,” kata Kristina yang juga merupakan seorang Notaris itu.

Meski demikian, kata Mantan Putri Manggarai ini, yang terpilih merupakan yang terbaik mewakili Matim menuju NTT.

Dua Finalis Duta GenRe Matim terpilih yakni Yakni Oktaviana Viska Viera yang merupakan utusan SMA Negeri 1 Poco Ranaka dan Theodorus Hardin dari SMA 2 poco Ranaka merasa bersyukur karena mendapat kesempatan menjadi Duta GenRe.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru, pendamping serta teman- teman yang telah mendukung saya sehingga saya bisa berada di titik ini. Saya akan mempersiapkan diri dengan baik dan berusaha untuk menampilkan yang terbaik ditingkat Provinsi nantinya,” kata siswi yang sering disapa Oktaviani itu.

Senada disampaikan Duta GenRe lainya yang merupakan perwakilan SMA Negeri 2 Poco Ranaka di Poco Ranaka Timur.

“Ini adalah kesempatan yang diberikan Tuhan pada saya, dan saya akan berjuang membawa nama kabupaten Manggarai Timur ke tingkatan selanjutnya,” tukas Theodorus.

Laporan: Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 2095 kali

Baca Lainnya
x