News

Sabtu, 29 Februari 2020 - 10:09 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Deno Kamelus saat acara penjemputan uskup Ruteng (Foto: Komsos Keuskupan Ruteng)

Deno Kamelus saat acara penjemputan uskup Ruteng (Foto: Komsos Keuskupan Ruteng)

Saat Menjemput Uskup Siprianus, Deno Kamelus: Penantian Panjang Dan Doa Kita Terjawab Sudah

Floreseditorial.com, Ruteng – Kondisi kota Ruteng sepanjang hari ini diguyur hujan sedang. Namun kondisi itu tak menyurutkan umat untuk menyambut pemimpin baru dengan penuh semarak.

Uskup Sipri didampingi Uskup Emeritus Mokael Coamas Angkur, dan rombongan dari KWI dijemput oleh Bupati Manggarai Deno Kamelus dan Wabup Viktor Madur serta Kapolres dan Dandim di gerbang barat Kota Ruteng yakni di Mena.

Di sana, Uskup diterima secara adat Manggarai. Selanjutnya bertolak menuju Istana Keuskupan. Di Motang Rua Ruteng, ia disambut dengan Marcing Band SMAK St Fransiskus Ruteng.

Iringan drumband terus mengantar Uskup baru hingga tiba di gerbang Istana Keuskupan. Di sana ia disambut dengan sejumlah tarian seperti Ja’i, Hegong, dan Kapu. Acara penyambutan secara adat berakhir dengan pemberian kain songke atau lipa wengko oleh tokoh ada saat Uskup memasuki Istana.

Bupati Manggarai Deno Kamelus pun turut Menyampaikan rasa syukurnya atas terpilihnya Uskup Siprianus Hormat sebagai pemimpin iman Katolik bumi Congka Sae.

“Pada kesempatan pertama saya mengajak kita untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha kuasa kepada kita semua. Pada hari ini Rahmat besarnya yang hendak kita rayakan adalah hadirnya Mgr. Siprianus Hormat di tengah kita umat Katolik di keuskupan Ruteng khususnya dari tiga kabupaten (Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat),” ujar Deno, Sabtu (29/02/2020).

Deno mengisahkan bahwa pada tanggal 13 November 2019 lalu, Romo Vikjen Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar Pr, membacakan putusan Tahta suci Vatikan.

“Kita semua mengucapkan syukur. Penantian panjang dalam do’a agar keuskupan Ruteng segera memiliki Uskup yang baru. Terjawab sudah,” kata Deno Kamelus.

Meski cuaca tampak mendung, hujan gerimis tidak menjadi alasan bagi umat Katolik Kabupaten Manggarai saat proses penjemputan yang mulia Mgr. Siprianus Hormat, Pr.

Tampak suasana umat yang begitu meluap memadati setiap sudut kota Ruteng untuk mengikuti prosesi penjemputan uskup terpilih kabupaten Manggarai.

Antusias warga tidak terbendung. Raut wajah para siswa/siswi dan mahasiswa/i serta, biarawan-biarawati serta umat keuskupan Ruteng lainya tidak bisa terbantahkan.

Umat memagari jalan sambil menanti yang mulia uskup Ruteng.

Sebelumnya Uskup keuskupan Ruteng, RD Siprianus Hormat diterima secara adat Manggarai saat tiba di Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat, NTT pada Jumat (28/2/2020).

Rombongan Uskup terpilih tiba di bandara Komodo Labuan Bajo sekitar pukul 14.57 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia .

Penjemputan Uskup terpilih bersama rombongan di pimpin langsung Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula yang didampingi unsur Forkompimda serta Uskup Emeritus Mgr. Mikael Angkur, OFM, Vikep Labuan Bajo Rm. Rikar Manggu, bersama para Imam dan Biarawati.

Sekretaris Vikep Labuan Bajo Rm. Silvianus M. Mongko, mengatakan usai dijemput secara pemerintahan di bandara Komodo yang di tandai dengan Tuak Curu, Pengalungan dan tari- tarian adat, uskup bersama rombongan di arak menuju Istana Kevikepan Labuan Bajo yang terletak di kawasan Paroki Gereja Roh Kudus.

Laporan: Jivansi Helmut, Adrian Juru, Edi Risal

Artikel ini telah dibaca 1679 kali

Baca Lainnya
x