Nasional

Senin, 24 Februari 2020 - 10:15 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Nono Sampono (Foto: TeamYPF/Edi Risal)

Nono Sampono (Foto: TeamYPF/Edi Risal)

Wakil ketua DPD RI Ajak Masyarakat Berperan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

Floresedutorial.com, Labuan Bajo – Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Minggu (23/2/2020).

Kunjungan ke Labuan Bajo tersebut untuk melakukan sosialisasi RUU daerah Kepulauan dan pembahasan pengembangan Labuan bajo menjadi wisata premium sebagai Bali dua bersama bupati Manggarai Barat Agustinus Dulla.

Nono Sampono, Wakil ketua DPD RI kepada media menyampaikan terdapat diskriminatif anggaran yang menyebabkan terhambatnya kemajuan di daerah kepulauan.

“Kita kan banyak daerah kepulauan ni, semestinya anggaran pengembangan daerah-daerah tersebut tidak boleh sama dengan daerah yang bukan daerah kepulauan”, terangnya di hotel Laprima, Senin (24/2/2020).

Berkaca pada persoalan tersebut, DPD berinisiatif untuk mengakomodir kepentingan daerah kepulauan sehingga mendapat keseimbagan kemajuan.

Sementara terkait perkembangan kemajuan Labuan Bajo, Nono menuturkan bahwa dua tahun kedepan akan ada pengerjaan proyek besar-besaran di Labuan Bajo.

Menurutnya, proyek-proyek tersebut merupakan komitmen presiden Jokowi terhadap penetapan Labuan Bajo sebagai destinasi super premium.

“Kurang lebih dua tahun kedepan akan membangun Labuan Bajo dalam semua hal seperti infrastruktur, sumber daya manusia termasuk mendatangkan investor”,papar Nono.

Namun demikian, wakil ketua DPD RI ini berharap agar pemerintah tidak berjalan sendiri tetapi mengandeng masyarakat untuk turut bergerak menjemput kemajuan yang tidak dapat dihindari lagi.

Nono juga menyarankan kepada masyarakat Labuan Bajo untuk membangun homestay sebagai bentuk dukungan pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

“Keterlibatan masyarakat mendukung pariwisata itu banyak, seperti membangun homestay dan pengembangan UKM”, tutupnya.

Laporan : Edi Risal

Artikel ini telah dibaca 855 kali

Baca Lainnya
x