News

Sabtu, 18 Januari 2020 - 05:30 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Presiden Joko Widodo  (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Masyarakat Mbehal Ancam Akan Kerahkan Massa Saat Presiden Tiba di Labuan Bajo

Floreseditorial.com, Labuan Bajo –
Presiden Joko Widodo, dikabarkan akan mengunjungi Labuan Bajo pada Senin (20/1/2020) hingga Rabu (22/1/2020). Kedatangan presiden ke Labuan Bajo merupakan kedatangan yang kedua kalinya paska dilantik periode II.

Kali ini Presiden Jokowi melakukan monitoring secara langsung terkait perkembangan pembangunan pusat souvenir puncak waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Selanjutnya, presiden akan memantau dan meletekan batu pertama pembangunan dermaga niaga di Rangko

Namun demikian, rupanya kehadiran RI I ini akan berhadapan dengan sejumlah masyarakat yang mengancam akan menduduki lokasi pembangunan dermaga yang dimaksud.

“Ada oknun yang mendatangi kami dan menyampaikan akan mengerahkan massa saat kedatangan presiden”, ungkap Kapolres Manggarai Barat, AKBP. Handoyo Santoso, Jumaat (17/1/2020).

Menurut informasi yang beredar, masa yang dimaksudkan tersebut ialah masyarakat Mbehal yang mengklaim sengketa ulayat lokasi pembangunan dermaga niaga itu belum tuntas.

Menanggapi ‘ancaman’ masyarakat tersebut, bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula menggelar rapat mendadak dan mengundang sejumlah perwakilan ulayat dari kampung Mbehal, Kampung Tebedo dan kampung Ntarlaing.

Namun Bupati Gusti merasa kecewa karena undangan yang dikeluarkan tidak direspon baik oleh pemuka ulayat dari kampung Mbehal.

“Kita mau dikunjungi presiden lalu ada ancaman akan menduduki lokasi pembangunan dermaga, tentu ini membuat situasi tidak kondusif. Apalagi mereka (orang mbehal) tidak hadir saat ini, kita mau omong apa? “, pungkas Bupati Gusti.

Bupati Gusti melanjutkan, pertemuan tanggal 6 Januari lalu semua pihak (Mbehal, Ntarlaing dan Tebedo) telah bersepakat akan mendukung pemerintah untuk melanjutkan programnya.

Sementara itu, dihari kedua kunjungan, presiden akan menyerahkan sejumlah sertifikat untuk masyarakat Manggarai Barat di aula kantor bupati Manggarai Barat.

Laporan : Edi Risal

Artikel ini telah dibaca 2511 kali

Baca Lainnya
x