News

Sabtu, 4 Januari 2020 - 03:09 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

BMKG NTT Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter, Masyarakat Pesisir Diminta Waspada

Floreseditorial.com, Kupang –
Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika stasiun meteorologi (BMKG) Maritim Tenau, Kupang – Nusa Tenggara Timur mengeluarkan peringatan gelombang tinggi dari 1,25 hingga 4,0 Meter yang berpeluang terjadi di wilayah perairan NTT.

Hal ini disebabkan karena terdapat dua pola sirkulasi di Laut Sulawesi bagian barat dan di Laut Arafuru, Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dan Timur Laut Tumur dengan kecepatan 5-25 knot, sedangkan di wilayah selatan Indonesia dan Barat Barat Laut dengan kecepatan 5-30 Knot.

Kepala Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika stasiun meteorologi (BMKG) Maritim Tenau Ota Welly Jenny Thalo, ST menjelaskan bahwa Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa Peraian selatan Bali hlngga Sumba, Selat Makasar bagian selatan, Laut Flores Laut Banda dan Perairan Kepulauan Kai-Aru.

Kondisi ini mengakibatkan penigkatan tinggl gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Tinggi Gelombang 1.25 – 2.5 meter berpeluang terjadi di Selat Sape Bagian Selatan, Laut Sawu Bagian Utara, Perairan Utara Kupang-Rote, Selat Sumba Bagian Timur, Perairan Utara Flores dan Selat Ombai.

Sementara tinggi gelombang 2.5 – 4.0 meter berpeluang terjadi di selat sumba bagian barat, laut sawu bagian selatan, Perairan Selatan Kupang-Rote, Samudera Hindia Selatan Kupang-rote dan Samudera Hindia Selatan Sumba-Sabu.

BMKG menegaskan agar para pihak untuk memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran dan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Laporan : Wahyu

Artikel ini telah dibaca 46579 kali

Baca Lainnya
x