News

Sabtu, 4 Januari 2020 - 13:28 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Angin Kencang >30 Km/Jam Berpotensi Landa Wilayah NTT, Warga di Wilayah Ini Diminta Waspada

Floreseditorial.com – Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer pada pukul 16.00 WITA tanggal 04 Januari 2020, BMKG NTT mengidentifikasi sistem tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat daya pulau Sumba, NTT (1004 mb) dan dapat diperkirakan akan semakin rendah menyebabkan terjadinya penemuan angin (konvergensi) serta belokkan angin diatas wilayah NTT.

Anomali suhu muka laut di wilayah Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara berkisar +1.5°C hinga +40°C yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan angin kencang.

Kondisi ini dapat berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dasertai petir dan angin kencang yang berpotensi mencapai lebih dari 30 km/Jam di hampir seluruh wilayah NTT dalam periode beberapa hari kedepan.

Angin kencang tersebut berpotensi terjadi terutama di wilayah Kabupaten Manggarai Barat Manggarai, Manggarai Timur, Ende, Sikka, Alor, Sabu, Rote Ndao, TTS, Sumba Timur, dan Sumba Barat Daya.

Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan sepat: banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, sambaran petir, dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, stasiun Meteorologi El Tari Kupang membuka layanan informasi cuaca 24 jam dengan menghubungi nomor Telp (0380)881613 atau menghubungi nomor whasApp 081139404264.

Masyarakat juga bisa menghubungi email: met_kupang@yahoo.com atau menghunduh aplikasi info BMKG di AppStore atau PlayStore bagi pengguna iPhone dan Android

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 46588 kali

Baca Lainnya
x