Hukrim

Minggu, 15 Desember 2019 - 11:35 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Semester II Tahun 2019, Polres Mabar Tangani 5 Kasus Pencabulan Anak

Floreseditorial.com, Labuan Bajo –
Kepolisian Resor Manggarai Barat (Polres Mabar) berhasil mengungkap 5 kasus pencabulan anak di bawah umur diwilayah hukum polres Manggarai Barat sepanjang akhir tahun 2019 terhitung sejak Juni hingga Desember 2019.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Julisa Kusumowardono kepada wartawan Jumat (13/12) lalu mengatakan lima korban pencabulan dan pelecehan seksual tersebut masih dibawah umur.

Menurut Julisa rata-rata korban masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) disejumlah kecamatan di Manggarai Barat.

“Modus pelaku dengan mengeluarkan kata-kata manis atau rayuan terhadap korban, ada juga yang mengajak korban jalan-jalan dengan mengunakan motor, ada juga yang mengancam korban jika tidak diindahkan keinginan pelaku,” ungkap Julisa.

Julisa menjelaskan, beberapa pelaku ditahan karena melakukan pelanggaran terhadap Pasal 82 UU Nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan penganti UU Nomor 1 Perubahan 1 UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pada ayat 1 dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara, maksimal 15 tahun dan denda 5 miliar rupiah.

“Satu orang pelaku yang belum kita tahan karena masih berusia di bawah umur, pelaku tersebut tetap dalam pengawasan Polres Mabar,” tutup Julisa.

Laporan : IDE

Artikel ini telah dibaca 5611 kali

Baca Lainnya
x