News

Jumat, 29 November 2019 - 12:42 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Pose bersama  Rektor Unika dan Sekjen MK (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

Pose bersama Rektor Unika dan Sekjen MK (Foto: TeamYPF/Adrian Juru)

UNIKA ST. Paulus Teken MOU Dengan Mahkamah Konstitusi

Floreseditorial.com, Ruteng – Sekertaris Jendral Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Prof. M Guntur Hamzah,SH.,MH, mendatangi Universitas Katolik (UNIKA) ST. Paulus Ruteng, Juma’at (29/11/2019).

Kedatangan Sekjen MK ini untuk membangun kerjasama dengan UNIKA St.Paulus Ruteng dalam meningkatkan budaya sadar konstitusi masyarakat.

Prof. M. Guntur Hamzah menyampaikan bahwa sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa yang menjadi hak konstitusi masyarakat itu sendiri. Masyarakat penting juga perlu mengetahui peran Mahkamah Konstitusi dalam demokrasi konstitusional.

“Kami merasa bangga untuk menjalin kerja dengan Universitas Katolik Indonesia yang ada di NTT tepatnya di Ruteng ini. Kami melakukan MOU untuk memudahkan masyarakat yang ada disini, sehingga jika ingin mengenal Mahkama Konstitusi lebih jauh mari tinggal datang di kampus ini. Sebab kami juga akan meminta satu ruangan khusus disini nanti untuk MK Center,” ujar Hamzah, Juma’at (29/11/2019).

Ia juga menambahkan kedepannya Mahkama Konstitusi akan selalu menyumbang buku-buku dan majalah yang akan dikirim langsung dari kantor Mahkama Konstitusi. Hal ini menurut dia sebagai cara untuk mencerdaskan masyarakat melalui buku-buku hasil karya orang-orang di Mahkama Konstitusi Republik Indonesia.

Universitas Katolik Indonesia ST. Paulus Ruteng merupakan universitas kedua setelah Undana yang di MOU oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kedepannya kami akan menyumbang buku-buku dan majalah. Jadi Universitas Katolik Indonesia ini merupakan yang kedua kami melakukan MOU, karena di NTT hanya ada dua Universitas. Ada satu Universitas Negeri yaitu UNDANA dan satu swasta yaitu UNIKA,” tambahnya.

Manyambut hal ini Rektor Universitas Katolik Indonesia ST. Paulus Ruteng, Dr. Yohanes Servastius B. Lon.,MA mengungkapkan bahwa Unika St. Paulus Ruteng akan menyusun proposal untuk rekomondasi membuka satu fakultas hukum tahun 2020.

“Ini merupakan kebanggan kami, dan kedatangan MK di sini sangat memotivasi kami. Kami lagi menyusun proposal untuk membuka satu fakultas lagi, yaitu fakultas hukum,” kata Yohanes, Juma’at (29/11/2019) pada saat jumpa pers dengan awak media.

Kegiatan MOU antar Unika dan MK diakhiri dengan seminar yang bertema “Peran Mahkama Konstitusi Dalam Penguatan Demokrasi Konstitusiaonal” dan membedah 24 buku yang dibawa langsung dari MK RI.

Laporan : Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 678 kali

Baca Lainnya
x