News

Kamis, 21 November 2019 - 13:07 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Kawasan Pantai Labuan Bajo (Ist)

Kawasan Pantai Labuan Bajo (Ist)

Pemkab Manggarai Barat Segel Dermaga Putih

Floreseditorial.com, Labuan Bajo –
Pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Barat menyegel restaurant dermaga putih miliki PT Salam Bajo di Jalan Reklamasi, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Penyegelan dilakukan karena telah melanggar sejumlah Peraturan Daerah (Perda) sejak awal bangunan didirikan tahun 2015 lalu.

Pantauan floreseditorial.com Penyegelan ini dilakukan oleh tim gabungan Satpol PP, Dinas Perizinan dan Dinas Perumahan Rakyat pada Kamis (21/11/2019).

Amy Kuang, Kepala bidang penegak UU daerah Sat POL PP Manggarai Barat kepada wartawan menjelaskan bahwa sebelum dilakukan penyegelan, SATPOL PP telah mengirim surat kepada pemilik restoran dermaga putih PT Salam Bajo untuk menglengkapi dokumen banguan.

“Kami sudah menyampaikan langsung ke pengelola untuk melengkapi dokumen bangunan dan menginagtkan agar tidak melakukam aktivitas diatas tanggul ini namun mereka tidak merespon”, jelas Amy Kuang, Kepala bidang penegak UU daerah Sat POL PP Manggarai Barat.

Amy Kuang memastikan pemerintah tidak bermaksud untuk mempersulit investasi atau usaha di Manggarai Barat hanya saja ia meminta agar pengusahan bisa mengikuti aturan yang ada.

“Kita tidak tebang pilih dalam perizinan bangunan. Siapapun yang mau mendirikan bangunan harus memperhatikan perlengkapan berkas dan jangan sampai ada pelanggaran UU”, tambahnya.

Restauramt dermaga putih PT. Salam Bajo telah melanggar perda no 10 tahun 2017 tentang dokumen bangunan gedung dan perda no 1 tahun 2019 tentang ketertiban umum. Dari perda diatas, bangunan restoraunt dermaga putih PT salam Bajo memikiki potensi untuk dibongkar.

Sarif Malik, Lurah kelurahan Labuan Bajo, menegaskan bahwa restorant dermaga putih telah melanggar kesepakatan awal mendirikan bangunan di tanggul pantai.

“Konsep awal dermaga ini dibangun untuk kepentingan umum namun seiring berjalan, pemanfaatanya hanya untuk kepentingan privat bisnis PT salam Bajo”.

Laporan : IDE

Artikel ini telah dibaca 671 kali

Baca Lainnya
x