News

Selasa, 15 Oktober 2019 - 13:07 WIB

2 tahun yang lalu

logo

Mobil dinas wakil ketua DPRD kabupaten Manggarai yang rusak setelah mengalami kecelakaan saat digunakan oleh Osy Gandut (Foto:Ist)

Mobil dinas wakil ketua DPRD kabupaten Manggarai yang rusak setelah mengalami kecelakaan saat digunakan oleh Osy Gandut (Foto:Ist)

Dua Kali Sudah Osy Gandut Hancurkan Mobil Dinas DPRD kabupaten Manggarai

Floreseditorial.com, Ruteng – Osy Gandut, politisi papan atas partai Golongan Karya (Golkar) kabupaten Manggarai nampak tak tersentuh berita media di kabupaten tersebut terkait kecelakaan tunggal yang terjadi di kecamatan Poco Ranaka Timur pada 8 Oktober lalu.

Diketahui, sudah dua kali politisi partai Golongan Karya itu mengalami kecelakaan lalulintas dengan mobil dinas dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Manggarai. Lagi – lagi dikabarkan untuk keperluan pribadinya.

Pada Kecelakaan sebelumnya, pemilik nama lengkap Simprosa Rinasari Gandut itu diketahui pernah menggunakan mobil Pajero Sport milik ketua DPRD kabupaten Manggarai dengan nomor polisi EB 10 E untuk keperluan pribadinya saat mengikuti sebuah hajatan pada Desember 2017 lalu.

Setelah mengalami insiden lakalantas (Kecelakaan lalulintas), mobil tersebut kini berada di Surabaya untuk diperbaiki, namun tak kunjung diambil karena belum diperbaiki. Dikabarkan karena belum ada pembayaran dari pihak Osy.

Beredar kabar bahwa osy berharap ada kucuran APBD kabupaten Manggarai untuk membiayai biaya service mobil tersebut yang akhirnya menuai protes anggota DPRD kabupaten Manggarai lainnya karena saat itu, Osy menggunakan mobil tersebut untuk keperluan pribadinya dan bukan untuk kepentingan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Kali ini, Osy kembali melakukan ulah yang sama. Mobil Pajero Sport dengan nomor Polisi EB 7 E, kembali mengalami kecelakaan tunggal di kecamatan Poco Ranaka, kabupaten Manggarai Timur pada tanggal 8 Oktober lalu hingga mengakibatkan mobil berharga itu ringsek dibeberapa bagiannya.

Mobil Pajero sport EB 10 E ,yang pada tahun 2017 silam juga ringsek setelah digunakan Osy untuk keperluan pribadinya. Hingga saat ini mobil tersebut belum diperbaiki dan berada di Surabaya (Ist)

Dikabarkan pula, saat itu ia menggunakan mobil dinas DPRD kabupaten Manggarai untuk keperluan pribadinya. Kini mobil tersebut berada di Kantor Polres Manggarai.

Ketua badan kehormatan dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Manggarai Ebert Ganggut saat dihubungi floreseditorial.com pada Selasa (15/07/2019) menjelaskan bahwa DPRD kabupaten Manggarai sudah mendapatkan informasi terkait Kecelakaan yang menimpa Osy Gandut hingga menyebabkan mobil dinas berjenis Pajero sport yang merupakan kendaraan operasional Wakil ketua DPRD kabupaten Manggarai itu ringsek.

“DPRD belum mendiskusikan terkait hal ini, mungkin besok (16/10) kami akan duduk bersama terkait peristiwa kecelakaan tersebut,” kata Ebert.

Ebert mengakui bahwa pihaknya memang belum menelusuri secara detail terkait Kecelakaan naas tersebut.

“Kita belum tau, apakah dia (Osy Gandut red) meninggal tugas saat itu dalam kepentingan tugas sebagai dewan perwakilan rakyat atau untuk kepentingan keluarga. Kalau untuk tugas, tentu harus menggunakan kendaraan dinas, tetapi bisa juga dia meninggalkan tugas dalam konteks kepentingan keluarga tapi pakai kendaraan dinas,” terang ketua badan kehormatan dewan kabupaten Manggarai itu.

“Ini yang akan ditelusuri secara detail oleh badan kehormatan dewan dan besok (Rabu 16/10), kita akan minta klarifikasi dari ibu osy,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa jikalau saat itu politisi Golkar itu pergi dalam rangka tugas dinas, yang pasti yang bersangkutan menggunakan SPPD.

“Dan kerusakan itu tentu akan jadi tanggung jawab pemerintah. Tapi kalau kepentingan keluarga, maka dia harus bertanggung jawab,” tegasnya.

Ebert mengakui bahwa Kecelakaan tersebut adalah yang kedua kalinya.

“Ini memang oto yang kedua, EB 10 juga itu dalam konteks kepentingan keluarga. Hasil audit BPK , meminta beliau kembalikan aset kendaraan ini ke Manggarai. Karena belum diperbaiki sampai sekarang, dan memang Pemerintah tidak akan mengalokasikan anggaran sepeserpun untuk mobil yang rusak itu dan sedang berada di Surabaya itu, dan itu menjadi tanggung jawab ibu Osy,” imbuhnya.

Saat ditanya media ini perihal jika hasil investigasi badan kehormatan DPR menguak fakta bahwa Osy kembali menggunakan mobil dinas DPRD kabupaten Manggarai untuk kepentingan pribadi, Ebert menegaskan bahwa tentu Osy harus kembali bertanggungjawab.

“Tentu yang bersangkutan harus bertanggungjawab, jikalau menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi,” tukasnya.

Sementara, hingga berita ini diturunkan, Osy Gandut belum memberi konfirmasi meski sudah dihubungi melalui pesan singkat.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 5398 kali

Baca Lainnya
x